Jumat, 24 April 2015

Kerajinan Kulit Pari

Mengkutip dari www.puspadanta.com -- Bisnis kulit ikan pari memang menjanjikan, apalagi setelah kulit ikan pari diolah menjadi suatu barang kerajinan pastinya menambah nilai jual yang tinggi. Di tangan para perajin, kulit ikan pari ternyata bisa disulap menjadi barang seni bernilai tinggi. Produk pengolahan kulit ikan pari dapat berupa tas, dompet, ikat pinggang dan asessoris lainnya. 

sumber gambar dari : www.kaskus.co.id


Pariradja adalah salah satu tempat industri kulit ikan pari dari Yogyakarta yang membuat kerajinan kulit ikan pari seperti tas, dompet, sepatu dan yang lainnya. Industri kulit ikan pari Pariradja sudah berdiri sejak tahun 2003 dan beralamat di Dadapan Timbulharjo Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta. Industri Pariradja mendatangkan kulit mentah ikan pari dari berbagai daerah, namun sebagian besar kulit ikan pari didatangkan dari daerah Cilacap dan Semarang. Di Pariradja ada banyak tahapan untuk mengolah kulit ikan Pari menjadi barang yang bernilai jual.Kulit ikan pari yang didatangkan merupakan kulit ikan pari yang sudah diawetkan dengan garam.
Dibandingkan dengan kulit sapi maupun kambing  kulit ikan pari jauh lebih eksotik dan menarik karena terdapat butiran mutiara di bagian tengahnya. Ada empat jenis kulit ikan pari yaitu jenis gitar, jenis oval, jenis batu halus, dan jenis pari duri. Jenis duri adalah jenis kulit ikan pari yang paling mahal karena tekstur kulit yang lebih unik karena guratan duri dibagian tengah dibandingkan dengan kulit lain.Hasil produksi Pariradja yang eksklusif dan warna yang bervariasi membuat permintaan produksi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pesanan kerajinan kulit ikan pari Pariradja pun datang dari berbagai kota di Tanah Air dan juga mancanegara.(ddt/pus)

Sumber dari : http://www.puspadanta.net/syarat-pemagangan-prakerin-ojt.html

9 komentar:

  1. nice artikel, bagus buat referensi usaha, jadi kulit pari bisa di manfaatkan dan nggak terbuang percuma.

    BalasHapus
  2. nice artikel, bagus buat referensi usaha, jadi kulit pari bisa di manfaatkan dan nggak terbuang percuma.

    BalasHapus
  3. Bagus ini. Asalkan tidak mengeksploitasi ikan pari terlalu banyak :D

    BalasHapus
  4. artikelnya bermanfaat kak. terimakasih

    BalasHapus
  5. Infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. artikel yg bagus dan bermanfaat sekali infonya. thanks kak

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat buat orang yang suka seni

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya kak sipsipsip...

    BalasHapus